cara rjp

Apa Itu RJP dan Bagaimana Cara Melakukannya

Cara RJP tidaklah sulit bagi mereka yang sudah bisa melakukannya. Ini biasanya kalangan tenaga medis yang sudah terlatih melakukannya. Bagaimana dengan orang awam, apakah mungkin bisa melakukan RJP ? Pad kesempatan ini, sedikit ingin kita bahas tentang bagaimana cara melakukan RJP. Lalu, tahukah anda apa itu RJP ? Nah, kita akan bahas dulu pengertiannya sebelum kita mulai bahasan cara atau langkah – langkahnya.

Pengertian RJP

Mungkin kita jarang sekali mendengar istilah tersebut. RJP merupakan istilah dalam dunia medis khususnya dalam penanganan gawat darurat. RJP merupakan singkatan dari Resusitasi Jantung Paru. Dalam Bahasa asing disebut dengan istilah CPR (Cardiopulmonary Resucitation), yaitu sebuah tindakan pertolongan pertama pada seseoang yang mengalami gejala henti nafas yang disebabkan karena beberapa hal seperti tenggelam, serangan jantung, kecelakaan dan lain sebagainya. Biasanya RJP juga berhubungan dengan alat Defibrillator.

Tujuan RJP

Orang yang mengalami henti nafas karena faktor tersebut biasanya karena jalan nafas menyempit. Tindakan RJP ini bertujuan untuk membuka kembali jalan nafas sehingga orang tersebut kemali dapat bernafas. RJP sangat erat kaitannya dengan serangan jantung dimana seseorang akan mengalami Ventrikel Fibrilasi, satu kondisi dimana jantung tidk mampu memompa darah ke seluruh tubuh. RJP dalam hal ini dapat menjaga aliran darah tetap mengalir sehingga pasokan oksigen ke otak tidak terhenti.

Beajar Cara RJP (Resusitasi Jantung paru)

Apa yang dimaksud dengan resusitasi jantung paru sekarang sudah kita ketahui, nah sekarang kita akan belajar bagaimana cara atau prosedur melakukan RJP dengan benar sehingga diharapkan dapat menyelamatkan seseorang dalam kondisi darurat disaat hanya ada kita yang bersamanya.

Persiapan Sebelum Melakukan RJP

1. Periksa Kondisi – Jika korban kecelakaan, sebaiknay anda periksa apakah tidak ada tulang yang patah. Apabila aman, maka cobalah untuk menepuk bahunya dan berteriak “Apakah anda baik – baik saja  ?” hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa ia benar – benar membutuhkan bantuan.

2. Hubungi Petugas Medis secepatnya –  Langkah selanjutnya anda bisa menyuruh teman anda untuk menghubungi petugas medis terdekat. Baik melalui telephone ataupun pergi meminta bantuan secara langsung.

3. Buka Jalan Nafas – Posisikan korban tidur terlentang, miringkan kepala sedikit ke belakang dengan mengangkat dagu.

4. Periksa Kondisi Nafasnya – Dengarkan baik – baik semala kurang lebih 10 detik. Apakah ia bernafas atau terengah – engah atau tidak ada nafas. Jika tidak maka segera lakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru)

Langkah – Langkah Tindakan RJP

1. Dorong Keras/Cepat –  Letakan tangan anda ditangah dada orang tersebut. Satu tangan diatas tangan yang lain. Gunakan berat badan untuk membantu anda memberikan tekanan yang kuat kira – kira sedalam 2 inch. Lakukan komresi kira – kira 100 tekanan / menit. Hampir menyerupai irama detak jantung.

2. Nafas Buatan – Dongakan dagu keatas, tutup hidungnya dan mulailah memberikan nafas buatan pada mulut orang tersebut hingga dada naik. Tiupkan dua kali nafas bantuan dan kemudian kembali lakukan kompresi. Miringkan kembali pada saat akan memberikan nafas ke dua apabila dada tidak mengembang.

3. Continue – Lanjutkan langkah RJP (resusitasi jantung paru) dengan penekanan dan pemberian nafas bantuan hingga petugas medis dating ke lokasi dan mendapatkan tanda – tanda kehidupan (bernafas kembali)

Betapapun mudahnya kita membaca tulisan ini, namun apabila kita sama sekali belum pernah dilatih untuk melakukannya. Maka kita tidak punya mental dan keberanian untuk melakukan tindakan RJP pada seseorang. Tulisan ini hanya memberikan informasi ringan tentang contoh langkah cara melakukan RJP (resusitasi jantung baru) bukan berarti anda boleh mengikuti dengan tanpa skil dan pengalaman. Sekian, semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.