jenis defibrillator

Mengenal Beberapa Tipe Atau Jenis Defibrillator

Sebagaimana sudah kita ketahui bersama, Defibrillator merupakan alat yang digunakan untuk defibrilasi. Defibrilasi itu sendiri adalah tindakan penyelamatan yang bertujuan untuk membuat irama jantung kembali normal dengan memberikan stimulus energi listrik dalam jumlah tertentu pada jantung. Sejauh ini ternyata terdapat beberapa jenis defibrillator atau alat medis yang dapat disebut dengan defibrillator dan memiliki fungsi yang sama. Untuk lebih jelasnya, ikuti terus pembahasan kali ini.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas banyak tentang defibrillator seperti Gelombang Biphasic dan Monophasic. Kemudian kita juga telah membahas perbedaan defibrillator otomatis dan manual serta lebih banyak lagi. Pada kesempatan ini, kita akan mengulas hal yang lebih spesifik lagi tentang jenis – jenis defibrillator yang ada dan digunakan hingga sekarang ini. Bukan hanya dari sisi sistem kerjanya, manual atau otomatis, dan juga sifat penggunaanya. Mari kita simak selengkapnya.

Mengenal Beberapa Jenis Defibrillator

Secara umum ada banyak sekali jenis defibrillator kalau kita kelompokkan sendiri. Defibrillator manual dan otomatis, biphasic dan monophasic dan juga internal dan external. Inilah pembahasan mengenai masing – masing jenis defibrillator tersebut.

Defibrillator External Manual

Beberapa orang sedikit keliru ketika mengartikan defibrillator manual external. Jenis atau tipe defibrillator ini seringkali disebut atau diistilahkan dengan defibrillator biphasic. Padahal Biphasic adalah sebutan untuk gelombang yang digunakan dalam defibrilasi. Defibrillator External Manual adalah defib yang sering kita jumpai di rumah sakit atau di ambulan. Defibrillator ini diperuntukkan khusus bagi tenaga medis yang professional atau sudah terlatih dalam penggunaan alat defib.

Defibrillator Manual External digunakan bersamaan dengan monitor EKG. Baik itu secara terpisah ataupun monitor tersebut sudah terdapat pada alat defibrillator seperti pada Defibrillator Mindray BeneHeard D3 atau D6 dan sejenisnya. Untuk melakukan tindakan defibrilasi, pertama – tama harus dianalisa irama jantung pada monitor EKG. Dari analisa tersebut diperoleh berapa besarnya energi yang harus diberikan pada proses defibrilasi dan juga kapan waktu yang tepat untuk pemberian kejutan listrik agar optimal dan memperoleh keberhasilan.

Disini kita sebut dengan kata External yang berarti dari luar. Maksudnya adalah pemberian defibrilasi dengan menempelkan elektroda paddle dari luar jantung atau dari dada pasien bagian luar. Karena nanti kita akan sebutkan tipe defibrillator internal dimana proses defibrilasi dilakukan langsung pada organ jantung.

Defibrillator Internal Manual

Sebagaimana sedikit sudah kita singgung diatas, ada juga tipe defibrillator yang dilakukan secara internal atau dari dalam. Jenis defibrillator ini memiliki sistem dan karakteristik serta fitur yang sama dengan defibrillator external manual. Hanya saja, penggunaanya dilakukan secara internal, yakni langsung pada organ jantung. Tipe defibrillator internal manual digunakan di rumah sakit pada saat proses operasi jantung. Contohnya pada translpantasi jantung.

Dalam situasi tersebut, akan sangat sering sekali digunakan defibrillator manual internal untuk memberikan kejutan pada jantung agar memulai detaknya dengan normal. Tentunya dokter dan para tim nya sudah mengetahui prosedurnya. Oleh sebab itu, defibrillator external baik itu internal maupun external sama – sama diperuntukan bagi tenaga medis yang terlatih dan berpengalaman.

Defibrillator External Otomatis

Tipe atau jenis defibrillator berikutnya yaitu defibrillator otomatis external atau yang familiar disebut dengan AED (Automatic External Defibrillator). Kalau tadi disebutkan defibrillator manual external digunakan untuk para tenaga medis yang terlatih, AED dirancang untuk dapat digunakan oleh orang awam. Ya, alat ini dibuat untuk dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkannya.

Semuanya serba otomatis, ketika pengguna sudah menempelkan pads AED pada korban, maka secara otomatis defibrillator ini akan menganalisa irama jantung dan akan memberikan instruksi atau langsung memberikan kejutan listrik dengan energi tertentu apbila ditemukan irama jantung yang berbahaya (fibrilasi Ventrikel). Sebagian defibrillator external otomatis memiliki sistem semi otomatis, dimana tombol kejut ditekan oleh pengguna atas instruksi dari protokol AED.

Namun ada juga tipe AED Full automatic, dimana kejutan akan langsung diberikan oleh AED tanpa menginstruksikan pengguna untuk menekan tombol kejut. Protokol akan menginstruksikan bahwa akan diberikan kejutan listrik dan memerintahkan untuk menjauh dari korban dan dilarang untuk menyentuh korban. Salah satu contoh Defibrillator Semi-Otomatis ini adalah AED Zoll Pro

Negara – negara di Eropa sudah menerapkan AED sebagai alat emergency public yang harus dipasang dan disediakan di tempat – tempat umum. AED Philips FRx adalah salah satu contoh jenis defibrillator otomatis external yang memiliki kualitas baik dan sangat rekomended untuk anda gunakan di berbagai kebutuhan.

Defibrillator Implant

Jenis Defibrillator yang satu ini bisa kita kategorikan dalam Defibrillator Internal karena defibrillator ini bersifat implant atau dipasang / ditanam dalam tubuh. Disebut juga dengan istilah Kardioverter implant  atau defibrillator jantung internal otomatis. Sangat mirip dengan alat pacu jantung. Defibrillator implant ini bekerja secara otomatis dan terus – menerus memonitor irama jantung pasien dan secara otomatis juga akan memberikan kejutan listrik ketika mendeteksi irama jantung yang berbahaya.

Alat ini bekerja dengan sistem pemrograman mikro komputer untuk dapat bekerja secara otomatis. Defibrillator jenis implant digunakan pada pasien tertentu yang sudah menjalani berbagai pemeriksaan dan analisa dokter terkait dengan gangguan pada sistem irama jantung atau kelistrikan jantungnya.

Nah, itulah beberapa macam tipe atau jenis defibrillator yang digunakan hingga saat ini. Namn kami, PT Glorya Medica Abadi. Hanya menjual dua jeni defibrillator yakni jenis Defibrillator External Manual Dan AED (Automatic External Defibrillator). Anda bisa cek produknya di Katalog Defibrillator. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!