tips membeli aed

Tips Penting Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Akan Membeli AED

AED (Automatic External Defibrillator) atau disebut juga defibrillator eksternal otomatis merupakan alat medis dan alat emergency yang dibutuhkan di banyak tempat. Jika anda pergi ke Eropa, anda akan sangat dengan mudah mendapati alat ini tersedia di tempat – tempat umum. Memang alat ini dibuat untuk kepentingan umum, dan siapa saja bisa menggunakannya. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk memilikinya, ada baiknya anda simak lebih dulu beberapa tips membeli AED berikut ini.

Di Indonesia, bukan tidak berlaku peraturan tersebut. Namun belum ada kesadaran penuh untuk memberlakukannya. Sebagian sudah, sebagian belum. Buktinya, kami sering menerima permintaan pengadaan AED dari sebuah Pabrik industri, BUMN, Resort dan juga Hotel. Hal ini menunjukan bahwa rekomendasi penempatan AED di tempat umum tidak hanya berlaku di eropa, bahkan di negara kita juga sudah diterapkan.

Perkembangan industri alat kesehatan yang semakin pesat mempermudah kita dalam memenuhi kebutuhan alat – alat kesehatan. Tidak terkecuali alat Defibrillator otomatis atau AED ini. Namun demikian, sebaiknya AED tersebut haruslah memenuhi beberapa kriteria agar dapat dipergunakan dan dimanfaatkan secara maksimal untuk kebutuhan yang mendesak.

Tips Membeli Alat AED

Sebagaimana kita ketahui, AED berfungsi untuk memberikan pertolongan petama pada serangan jantung bersamaan dengan tindakan RJP. Oleh sebab itu, memilih produk AED sedikit gampang – gampang susah. Terlebih lagi, alat ini hendaknya dapat digunakan oleh siapa saja, tanpa harus memiliki latar belakang medis. Berikut ini beberapa opsi yang bisa pertimbangkan ketika membeli sebuah alat AED.

Harus Mudah Digunakan

Memang benar, bahwa hampir semua produk AED di pasaran dibuat untuk dapat digunakan dengan mudah. Namun terkadang situasi darurat dapat membuat suasana menjadi tegang dan mencekam, oleh sebab itu dibutuhkan sebuah alat AED yang mudah digunakan dalam situasi apapun. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah instruksi atau protokol suara pada AED tersebut. Harus keras dan jelas.

Akan sangat sulit didengar apabila tempat kejadian berada di lingkungan yang ramai seperti Mall, Pabrik atau tempat lainnya. Hal ini menjadi salah satu point penting pada kemudahan penggunaan ketika anda membeli sebuah alat AED. Berikutnya, posisi tombol ON dan tombol Kejut (semi-otomatis) dan juga port Pads AED. Pastikan semua itu mudah digunakan oleh siapa saja dan juga terdapat instruksi yang jelas dan keras yang dapat didengar dan mudah dipahami serta dilakukan oleh siapapun.

Perhatikan Kelengkapannya (Aksesoris)

Tips membeli AED berikutnya adalah, hendaknya anda memperhatikan kelengkapan yang diperoleh atau aksesoris apa saja yang anda dapat pada produk AED yang akan anda beli. Hal ini penting karena tanpa kelengkapan AED anda tidak dapat digunakan. Apa saja kelengkapan yang umum nya terdapat pada paket pembelian ?

Sebuah AED idealnya memiliki Pads Elektroda dan Baterai. Tanpa kedua aksesoris ini alat AED anda tidak dapat digunakan sama sekali. Meskipun aksesoris ini umumnya dijual terpisah, tapi pastikan anda memilih produk AED yang sudah termasuk Baterai AED dan Pads Elektrodanya.

Dapat Digunakan Untuk Segala Usia

Point penting berikutnya adalah AED harus dapat digunakan untuk semuanya mulai dari anak – anak, hingga orang dewasa. Oleh sebab itu, cek dan pastikan spesifikasi AED yang akan anda beli suport untuk semua jenis pasien. Tidak hanya itu, penggunaan Pads AED untuk anak dan dewasa juga berbeda.

Oleh karena itu, pastikan juga ketersediaan Pads AED untuk produk yang ingin anda beli mudah didapatkan. Atau akan lebih baik lagi apabila paket pembelian sudah termasuk pads AED untuk anak dan dewasa. Sebagai pertimbangan anda, anda bisa pilih AED Philips FRx yang dapat digunakan untuk semua jenis usia. Mulai dari bayi, anak dan dewasa.

Pilih Otomatis Atau Semi-Otomatis

Meskipun AED merupakan defibrillator otomatis, namun di pasaran terdapat juga jenis AED dengan sistem semi-otomatis. Apa perbedaanya ? Sudah sedikit kami ulas pada pembahasan mengenai jenis – jenis defibrillator. Intinya, terletak pada pemberian kejutan. AED full otomatis akan memberi kejutan secara otomatis ketika mendeteksi adanya irama jantung yang mengancam jiwa.

Namun pada jenis semi-otomatis, AED akan memberikan instruksi kepada pengguna untuk segera menekan tombol kejut saat fibrilasi ventrikel terdeteksi. Untuk opsi ini, anda bisa pilih kedua – duanya. Namun akan lebih memudahkan pengguna apabila anda memilih Full Automatic.

Dimana AED Akan Digunakan ?

Opsi selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan juga ketika membeli sebuah AED adalah peruntukkannya. AED anda akan digunakan dimana ? Apakah untuk medis (rumah sakit / klinik), di hotel, di tempat umum, di pabrik atau di tempat lainnya. Hendaknya disesuaikan dengan ketahanan dan material yang digunakan.

Namun anda juga bisa mensiasati dengan mempertimbangkan tas aed atau AED Box apabila memang AED akan dipasang di tempat umum dan terbuka. Carilah produk AED yang kokoh atau produk yang menyediakan box AED secara khusus. Dengan demikian, AED akan lebih awet dan tahan lama. Untuk AED yang kokoh dengan kualitas yang baik anda bisa cek AED Zoll.

Itulah beberapa tips membeli AED yang sekiranya bisa anda pertimbangkan beberapa opsinya ketika anda akan membeli sebuah Defibrillator Otomatis untuk berbagai kebutuhan. Kunjungi katalog defibrillator di toko kami dan segera hubungi customer kami untuk membantu anda mendapatkan AED atau Defibrillator yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!